Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat I (Puskemas)

Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat I (Puskemas)
Tanggal 28 November 2016, sekitar jam 06.30 pagi ini saya sudah mulai berangkat menuju Puskesmas dengan Tujuan untuk memperoleh Surat Rujukan dari Puskesmas yang nantinya dokumen ini untuk melengkapi berkas Persyaratan BPJS agar bisa berobat ke Faskes Tingkat III/Lanjutan. Tidak sembarangan kita dapat berobat menggunakan BPJS Kesehatan jika Fasilitas yang kita datangi berbeda dengan Nama Fasilitas yang tertera di Kartu Peserta BPJS pada kolom Faskes Tingkat I dikolom tersebut jelas bahwa saya harus berobat ke Puskesmas Kec. Pasar Minggu jika ingin berobat dengan menggunakan BPJS dan mendapat Surat Rujukan dari Puskesmas jika di Faskes I ini tidak bisa ditangani.
Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu yang berlokasi di Jl. Kebagusan Raya No. 4, RT.04 / RW.04, Pasar Minggu, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550. Sesampainya disana saya langsung bertanya ke Petugas Jaga untuk menggali informasi mengenai cara berobat menggunakan BPJS Kesehatan di Puskesmas ini, berikut persyaratan yang harus persiapkan dan harus dibawah :

  1. KTP Asli dan Foto Copy (1 Lembar)
  2. Kartu BPJS Kesehatan (Asli/Fotocopy)
Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat I (Puskemas) Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat I (Puskemas)

Setelah berkonsultasi sebentar dengan Petugas jaga dengan mengutarakan maksud dan tujuan saya, tidak begitu lama juga akhirnya petugas tersebut menyerahkan nomor antriannya (untuk Puskesmas Pasar Minggu nomor antrian berada di sebelah Farmasi disitu sudah ada Bapak Satpam yang siap melayani para calon pasiennya). Di Puskesmas ini terbagi dalam berbagai Golongan Antrian Pasien yang diutamakan (dalam keadaan darurat, ibu hamil, pasien yang sudah tua), Antrian pasien Anak serta Antrian Pasien Umum jadi jangan sampai salah antrian ya.
Jika nomor Antrian sudah diberikan oleh petugas keamanan, tugas Anda selanjutnya adalah menunggu giliran agar diperbolehkan naik ke lantai 2, bayangkan untuk naik lantai saja nunggu giliran, hal ini disebabkan karena pasien yang mendaftar menggunakan bpjs maupun tidak di puskesmas ini sangat luarbiasa banyaknya, saya yang datang pagi jam 08.00 lebih  dapat giliran naik kelantai 2 sampai 2 jam baru bisa diijinkan naik ke lantai 2, yang boleh masuk ke lantai 2 hanya 20 orang saja per sesi.
Di lantai inilah kita akan dilayani dari Pendaftaran maupun poli-poli yang nantinya akan ditujuh
Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat I (Puskemas)
Situasi di Lantai 2 Puskesmas Kec. Pasar Minggu

Ooh iya temen-temen di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu ini Bangunan dan Fasilitasnya sudah seperti Rumah Sakit biasa saja, lengkap fasilitasnya juga memadai walaupun tidak sebesar fasilitas yang ada di RSUD setempat. 

Dilantai 2  kita masih nunggu antrian lagi tapi tidak begitu lama, setelah tiba waktunya nomor antrian saya dipanggil ke bagian pendaftaran mulailah petugas puskesmas menanyakan maksud dan tujuannya.

Karena ini adalah pertama kali saya daftar jadi petugas mendaftarkan sekaligus memberikan nomor SIKDA (Sistem Informasi Kesehatan Daerah ) karena nantinya Puskesmas sudah menggunakan IT disemua lini hal ini berkmaksud agar pelayanan di puskesmas agar lebih baik lagi.

Setelah proses pendaftaran selesai selanjutnya petugas pendaftaran memberikan saya nomor Antrian Poli yang akan dituju yaitu Poli 1 (Dokter Umum), setelah menunggu beberapa menit nomor antrian saya dipanggil di poli 1 dengan tindakan pertama yaitu mengukur tinggi badan, tensi dan berat badan saya kemudian petugas poli menyuruh saya untuk keluar sebentar menunggu lagi panggilan kedua. Setelah panggilan kedua dilakukan dan bertemu dengan dokter umum, mulailah saya mengutarakan maksud dan tujuan saya datang ke puskesmas ini yaitu mengurus BPJS agar bisa mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Rujukan Lanjutan dalam hal ini adalah RS Kanker Dharmais yang sesuai dengan surat rujukan yang saya dapatkan pasca berobat di RS MRCCC Siloam.
Di Poli 1 dokter umum segera memeriksa surat-surat rujukan dan surat lainnya seperti Hasil PA yang menyatakan saya terkena kanker dan dokumen pendukung lainnya yang saya punya, setelah dokter memeriksa jenis atau kategori penyakit yang saya, maka mulailah dokter memberi rujukan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat II dalam hal ini saya dipilihkan ke RSUD Pasar Minggu. Setelah dokter selesai memeriksa kelengkapan dokumen, saya disuruh kembali untuk keluar dan menunggu sebentar  karena Surat Rujukan untuk berobat ke Faskes II sedang dibuat, tidak begitu lama nama saya dipanggil dari Poli 2 yang khusus menangani masalah Rujukan tersebut, setelah selesai langkah saya selanjutnya agar dapat berobat di RS. Dharmais adalah mendatangi RSUD Pasar Minggu yang sesuai dengan Surat Rujukan dari Puskesmas tersebut.
Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat I (Puskemas)
Surat Rujukan Puskesmas

Cukup mudah bukan berobat menggunakan BPJS Kesehatan di Tingkat Pertama, yang jadi titik perhatian saya adalah kita harus bersabar dan jangan malu untuk bertanya kalau masih ada kebingungan, tanya saja ke petugas jaga yang ada. Sekian dan semoga membantu.


Lagkah-langkah
  1. Ambil no. antrian di samping Apotik
  2. Tunggu giliran antrian naik ke lantai 2
  3. Naik ke lantai 2
  4. Tunggu sampai no. antrian dipanggil Petugas
  5. Daftar Pasien  Baru 
  6. Anda memperoleh No. Antrian untuk menuju Poliklinik I (Dokter Umum)
  7. Tunggu sampai no antrian anda dipanggil
  8. Nomor antrian Anda dipanggil untuk pengukuran Tinggi, Berat Badan dan Tensi
  9. Menunggu kembali
  10. No Antrian Anda akan dipanggil kembali
  11. Anda mulai konsultasi dengan oleh Dokter
  12. Penerbitan Rujukan tingkat lanjut jika tidak bisa ditangani oleh Puskesmas


foto gedung Puskesmas : kenpramono

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan di Faskes Tingkat I (Puskemas)"

Post a Comment